Foto lawas arca Dwarapala

Foto lawas arca Dwarapala
Arca Dwarapala dari Singosari

Senin, 25 Mei 2015

ABSTRAK TESIS



ABSTRAK

Alex Sariffudin,  Implementasi Program Kelas Unggulan di MTs Negeri Batu. Tesis. Program Pasca Sarjana Magister Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan Universitas Muhammadiyah Malang. 2015. Pembimbing Utama  Dr. Hartono M.Pd. Pendamping Dr. Rr Eko Susetyorini M.Si

Tujuan penelitian ini yakni menganalisis pelaksanaan, kendala kendala dan berbagai upaya dalam mengatasi kendala  penyelenggaraan program kelas unggulan di MTs Negeri Batu. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif deskriptif dalam bentuk studi kasus. Lokasi  penelitian  berada di MTS  Negeri  di  Jalan Pronoyudo Areng Areng  Dadaprejo Kec Junrejo Kota Batu . Subyek penelitian adalah siswa kelas unggulan kelas VII,VIII dan IX Tahun Pelajaran 2013-2015. Teknik pengumpulan data  melalui kegiatan observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan penelitian yakni kepala madrasah,waka kurikulum, waka sarana prasarana, ketua program,  wali kelas,  guru mata pelajaran, serta 5 siswa kelas 7,8 dan 9 unggulan yang dipilih secara acak. Analisis data dalam penelitian ini didasarkan atas langkah-langkah Miles & Huberman yaitu: (1) reduksi data; (2) penyajian data; (3) penarikan kesimpulan dan verifikasi. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan: (1) derajat kepercayaan (credibility) yaitu trianggulasi dan pengecekan teman sejawat; (2) kebergantungan (dependability) dan ; (3) kepastian (confirmability).
Hasil penelitian menunjukkan penyelenggaraan program kelas unggulan di MTs Negeri Batu telah memenuhi  sebagian karakterisktik kelas unggulan sebagaimana yang disampaikan Silalahi dan Supriyono (2009). Karakteristik yang belum terpenuhi yaitu; (1) unggul kompentensi guru terkait belum diselenggarakannya seleksi guru kelas unggulan; (2) unggul sarana prasarana terkait belum maksimalnya pengadaan perawatan fasilitas belajar kelas unggulan; (3) unggul dukungan dana terkait permasalahan  minimnya sumber anggaran penyelenggaraan program kelas unggulan.
Ciri ciri kegiatan pembelajaran kelas unggulan di MTs Negeri Batu nampak dalam kegiatan  pembelajaran antara lain; (1) desain ruang kelas; (2) bervariasi  pendekatan, metode, model dan penggunaan media dalam kegiatan pembelajaran; (3) adanya tambahan jam belajar mata pelajaran UN perminggu di luar kurikulum nasional; (4) rentang waktu belajar yang lebih lama.
Kendala internal penyelenggaraan program kelas unggulan meliputi (a)  kendala  input siswa;  (b)  kendala  seleksi rekruitmen guru kelas unggulan;  (c) kendala pengadaan perawatan fasilitas belajar kelas unggulan;   (d) kendala proses pelaksanaan pembelajaran (e) kendala evaluasi hasil belajar kelas unggulan. Kendala eksternal meliputi (a) kendala implementasi kurikulum 2013 dan  (b) dampak kebijakan UN 2015.

Kata kunci :  implementasi,  kelas unggulan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar